Sekilas Tentang PPKD Jakarta Barat

Sebenernya tulisanya pengen digabung sama tulisan pengalaman tes seleksi di PPKD Jakarta Barat. Cuma biar lebih enak dibaca aja buat info antum sekalian Pelatihan di PPKD Jakarta Barat. Check it out.

PPKD Jakarta Barat adalah PPKD yang ada di daerah Jakarta Barat. Sebagai balai latihan kerja, PPKD memberikan kesempatan bagi seluruh Warga Negara Indonesia untuk mendapatkan pelatihan keterampilan untuk menunjang kehidupan yang layak, untuk bekerja atau membuka usaha.

PPKD Jakarta Barat terletak di Kelurahan Tegal Alur, di samping persis Kelurahan Tegal Alur.

(gambar penampakan gedung utama PPKD Jakarta Barat)


(gambar lokasi dari google map, maaf kalo blur)

Jadi alamatnya ada di :

Jl. Kamal Raya No.2, RT.7/RW.2, Tegal Alur, Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11820

web nya di klik aja PPKD Jakarta Barat.

Kejuruan yang tersedia ada banyak ragam nya ko, dari teknik sampe tata tata an, tata boga, tata busana, tapi gak ada tata dado hehe.

Kejuruan yang ada di PPKD Jakarta Barat :
  1. Kejuruan Tata Busana
  2. Kejuruan Tata Boga
  3. Kejuruan Graha
  4. Kejuruan Operator Komputer
  5. Kejuruan Teknik Otomotif
  6. Kejuruan Teknik Pendingin
  7. Kejuruan Teknik Las Listrik
  8. Kejuruan Teknis Sepeda Motor
  9. Kejuruan Teknologi Mekanik/Bubut
  10. Kejuruan Desain Grafis
  11. Kejuruan Bahasa Inggris
  12. Kejuruan Tata Rias/Kecantikan
Jadi total ada 12 Kejuruan, sebenernya adalagi tambahan kejuruan yang mempunyai fasilitas MTU alias Mobile Training Unit. MTU ini pelatihan bukan bertempat di PPKD bisa aja di daerah perumahan warga, karena menggunakan mobil yang memuat alat-alat praktik. Tapi gue kurang tau infonya lebih lanjut, mungkin itu dapat ditanyakan ke PPKD nya langsung,

Lalu untuk angkatan pelatihan dalam setahun pelatihan diadakan 3 kali.

Sekilas Profil Tentang PPKD Jakarta Barat

    Pemerintah Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah ketenagakerjaan yang semakin komplek dengan intensitas yang belum menunjukan penurunan. Kondisi ketenagakerjaan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2014 yang berjumlah penduduk 10.075.300 jiwa yang terdiri dari penduduk DKI berumur 15 tahun ke bawah 2.473.830 jiwa dan penduduk DKI yang berumur 15 tahun keatas 7.601.470 jiwa sedangkan angkatan kerja 5.063.480 jiwa yang bekerja 4.634.370 jiwa serta penganggur sebanyak 429.110 jiwa selebihnya bukan angkatan kerja. Pengangguran terjadi sebagai akibat pertumbuhan ekonomi yang belum mampu mendorong tumbuhnya kesempatan kerja dalam jumlah yang besar serta akibat kondisi dari kompetensi tenaga kerja yang relatif rendah, sehingga kurang mampu bersaing di pasar kerja, baik ditingkat domestik maupun internasional.
      Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur No. 119 tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sesuai dengan Peraturan Gubernur tersebut tugas pokok Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi DKI Jakarta adalah melakukan urusan-urusan kesejahteraan pekerja, penganggur dan pemberi kerja kepada penganggur.
    Dalam menunjang tugas pokok Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut diatas, dalam pemberian kerja kepada penganggur, Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta Berupaya memberikan ketrampilan melalui pelatihan kerja di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Barat, sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 33 tahun 2015 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pelatihan Kerja Daerah.
     Sebagai pelaksana pelatihan (Training Provider), PPKD Jakarta Barat secara optimal berupaya untuk melaksanakan pelatihan kerja sehingga diperoleh calon-calon tenaga kerja handal yang memiliki keahlian dan ketrampilan kerja dan siap mengisi pasar kerja baik di dalam maupun diluar negeri atau usaha mandiri. (Sumber web PPKD Jakarta Barat).
Sekian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Rekrutmen Kerja Part 1 CV KHS QUICK TRACKTOR

Perhitungan Elemen Mesin Part 1 - Sabuk dan Puli

Tidak Bisa Edit Text dengan Double Klik di AutoCAD