Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan di PPKD Jakarta Barat

(gambar PPKD Jakbar : http://ppkdjakbar.com/index.php/fasilitas/gedungutama)


Kali ini gue mau nulis tentang pengalaman ikut pelatihan di PPKD Jakarta Barat alias Pusat Pelatihan Kerja Daerah Kota Jakarta Barat. PPKD adalah tempat pelatihan bagi angkatan kerja untuk memberikan kemampuan dan keterampilan lebih pada bidang-bidang tertentu. Nah, biasanya juga tempat seperti PPKD ini disebut BLK (Balai Latihan Kerja) di beberapa daerah lain. Gue di PPKD Jakarta Barat ikut pelatihan kejuruan bahasa inggris, biar skill bahasa inggris gue terasah soalnya gue ngerasa kalo soal speaking and listening gue merasa kurang banget, Dipelajarin sendiri terasa sulit gitu dah. Gue daftar PPKD ini sejak sebelum lulus, sekitar akhir bulan agustus 2016 untuk pendaftaran angkatan PPKD Jakarta Barat tahun 2016. Pas akhir bulan agustus itu gue daftar melalui online di web PPKD Jakarta Barat, karena beberapa menunggu gue gak dapet jawaban sampai dengan pertengahan september dan tes seleksi udah mulai awal oktober yaudah gue langsung dateng aja waktu itu ke PPKD jakbar langsung. 

Alhasil ternyata disana udah tutup pendaftaran untuk kejuruan bahasa inggris, wah ckck tapi gue bilang gue udah daftar inline tapi belum ada jawaban maka nya dateng langsung, eh ternyata boleh, bagus dah. Lalu gue isi dah formulir offline nya dan nyerahin fotokopi ijazah terakhir, karena ijazah D3 gue belum keluar yaudah kasih ijazah SMA aja. Lalu tinggal tunggu dah tes seleksi nya awal bulan oktober. Skip langsung ke tahapan seleksi waktu itu hari apa gue lupa, pagi-pagi gue kesana dengan seragam item putih dah kayak anak baru dan emang anak baru sih wkwk (padahal ekspresi muka pas nulis ini senyum doang,). Ternyata disana udah banyak yang dateng waktu itu gue dateng jam setengah 7 dan jadwal tes nya jam setengah 8, rajin banget yak, biar gak telat soalnya belum tau situasi jalan kalo kesan pagi-pagi, jarak dari rumah ke sana itu sekitar 10 km atau kalo dalam waktu sekitar 30 menit. Gue berangkat dari rumah itu jam 6 pagi dah kayak anak sekolah. 

Pas sampe disana gue langsung masuk ke Lobi PPKD yang kursi nya empuk daripada di luar dah kayak anak nongkrong gak punya induk wkwk. Dilobi itu gue ketemu dengan IBU-IBU... waw ternyata yang daftar bukan seumuran gue doang, kirain gue malah terlalu tua, ternyata banyak IBU-IBU juga. beberapa ibu-ibu itu bilangnya daftar buat pelatihan jurusan kecantikan. Oh.. mau buka salon ya bu, gue tanya waktu gue ngobrol. 

Setelah beberapa lama menunggu di lobi tadi akhirnya panggilan pun datang untuk berbaris di lapangan persiapan untuk tes dan wawancara. Saya pun bergegas ke lapangan, terus dimana nih barisnya saya tanya ke bapak pegawai PPKD, katanya suruh sesuaiin Kejuruanya, dan gue liat ada plang Kejuruan bahasa inggris yaudah gue baris dah. Gue disitu kaget juga wah ternyata banyak juga ya yang mau ikut, padahal yang bakal keterima cuma 20 orang sainganya buat pelatihan aja banyak. Maklum sih soalnya ini program bagus juga GRATIS pula. Jadi setelah semua udah baris sesuai kejuruanya maka dibuka deh tuh sama Ketua PPKD Bapak Wildan. Dia mengucapkan selamat datang di PPKD Jakarta Barat, dia pun menyemangati untuk berusaha sebaik mungkin pada tes hari ini karena kuota dari PPKD Jakarta Barat setiap kejuruanya itu 20 orang gak bisa lebih karena memang itu udah aturan. Lalu kata dia gak usah kecewa juga kalo misal gak keterima karena masih bisa jadi cadangan sebanyak 5 orang jadi 20 orang utama yang pasti keterima dan 5 orang cadangan kalo 20 orang itu ada yang mundur. selai itu jika masih belum masuk juga akan diarahkan ke kejuruan yang masih kosong, soalnya gak semua jurusan peminatnya banyak kayak bahasa inggris, sepenglihatan gue sih sekitar 50an orang yang baris di kejuruan bahasa inggris. jadi yang kesisih 30an orang deh nanti.

Setelah lama berbaris ria di lapangan, lalu peserta diarahkan ke tempat tes masing-masing kejuruan. Gue pun langsung ikut koordonator bagi kejuruan bahasa inggris, bahasa inggris dapet kelas buat tempat tes di gedung kejuruan las di sebelah gedung utama PPKD, dan ternyata gak muat satu kelas buat calon peserta pelatihan bahasa inggris. Gue masuk kelas pertama yang diarahkan oleh koordinator dan sebagian lagi yang gak cukup ditaroh di kelas sebelah. Gue pun duduk di baris nomor 2 biar gak terlalu depan atau gak terlalu belakang juga, ngapain di belakang-belakang. Lalu koordinator pun memberi arahan untuk mengeluarkan alat tulis nya dan alat komunikasi tidak boleh digunakan selama tes dan disarankan dimasuka ke dalam tas. Tes nya punya dimulai lembar jawaban mulai di bagikan, lalu lembar soal juga dibagikan setelahnya, lembar soalnya tidak boleh dibuka dulu sebelum ada arahan katanya.

Akhir nya sesi mengerjakan soal pun dimulai, soal pertama adalah tes pengetahuan umum. Sebagian besar tentang DKI jakarta dan Kewarganegaraan semacam pelajaran PKn di sekolah dulu. Lalu setelah itu ada soal bahasa inggris tapi gak terlalu sulit sih. Selesai mengerjakan soal kita pun menunggu giliran dipanggil untuk tahap wawancara, peserta diperintahkan menunggu di kelas untuk giliran wawancara. Tapi tak berapa lama ada intruksi lain untuk menunggu ke dekat ruang wawancara, kami pun bergegas kesana. Saat tahap wawancara gue dapat giliran kedua, bukan karena nama gue berawalan huruf A dan masuk absen awal, namun karena saat absensi di lapangan tadi gue menulis di urutan atas dan berbaris di urutan depan yaudah tes nya juga dapat yang bagian awal awal. Agak deg-degan sih pas wawancara ngeri juga udah kayak tes seleksi kerja haha, soalnya wawancara nya full dalam bahasa inggris. Ini wawancara pertama gue dalam bahasa inggris loh, dan saat wawancara pun gue di wawancarai oleh pak ananto atau mr ananto. Pertama dia mengucapkan how do you do, sebagai sapaan saat pertama kali bertemu, lalu menyuruh gue untuk memperkenalkan diri gue dalam bahasa inggris. Let introduce yourself in English, semacam itulah dia mewawancarai gue, Oke selesai deh tes seleksi nya abis itu boleh pulang ternyata, beruntung juga dapet giliran awal jadi gak capek nunggu haha. Sekian deh pengalaman gue tes seleksi masuk PPKD Jakarta Barat.

TERIMA KASIH :)

Komentar

  1. Mas punten..mau tny ttg test ppkd ini..
    Mas ny lolos gak?
    Misal saya ingin milih yg tata boga..nah apakah test tulis and wawancaranya jg ttg tataboga????trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah lolos mbak, setau saya semua pake tes tulis dan wawancara mbak. Untuk pendaftaran angkatan 1 2017 kayaknya sudah buka mbak pendaftaranya.

      Hapus
    2. Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan Di Ppkd Jakarta Barat >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan Di Ppkd Jakarta Barat >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan Di Ppkd Jakarta Barat >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK pl

      Hapus
    3. Bang itu linknya enggak bisa, sama mau tanya wawancara bahasa inggris, selain tentang diri kita apa aja ya?

      Hapus
  2. Alhamdulillah..kira2 test tulis nd wawancara ny ttg hal kejuruan(spesifik ttg minatny misal tata rambut) atau umum y?sprt hal ny test psikologi jika mau kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tes tulis ada 2 macem umum dan kejuruan, untuk umum nya paling tentang kewarganegaraan dan DKI Jakarta. Untuk wawancara untuk kejuruan bahasa inggris menggunakan bahasa inggris

      Hapus
  3. kalau soal tulis kejuruan b.inggrisnya gimana ka, ttg gramar atau gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku agak lupa mbak nurul, kayaknya bukan grammar deh. Mau daftar mbak?

      Hapus
  4. Mas saya mau tanya, kalau pilih bhs jepang, kira2 interview akan pake bahas jepang jg gak ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa jepang di PPKD jakbar tidak ada mbak, di PPKD Jaktim ada tuh mbak

      Hapus
    2. iya, saya akan ambil bhs jepang di jaksel
      kira2 nanti wawancaranya akan dalam bhs jepang gak ya?
      karna mas nya kan jurusan b.inggris dan wawancara dalam b.inggris
      terimakasih.

      Hapus
  5. iya mas saya uda dftr b.inggris yang di pasar rebo, wah sainganya banyak juga yg anak S1 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasar Rebo itu untuk wilayah jakarta mana ya mbak?

      Hapus
  6. Mas, mau tanya wawancaranya seputar apa dan berapa lama? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. seputar diri sendiri aja ko mbak, sebentar aja...

      Hapus
  7. jakarta timur mas, tapi beda sama ppkd jaktim
    kasih sedikit gambaran dong mas tes tulis sama wawancaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes tulis mah gampang aja sih, wawancara nya jg tentang diri sendiri n sebentar aja

      Hapus
    2. Mba nurul di ppkpi pasar rebo ya ?

      Hapus
  8. assalamualaikum mau tanyaa,klo phak blk ngehubungi kita itu kira" bisa sebulan yaa?buat ngelaksanain tesnya??

    soalnyaa saya samaa pihak ppkdnyaa blom dihubungi untuk pelaksanaanya tesnya
    daann sudh seminggu saya blom dihubungi jg dri pihak ppkd nya

    mohon responnyaa,mkasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kamu gak dihubungi mending kamu langsung ke PPKD aja, kamu daftar online ya?

      Hapus
  9. Ka aku juga baru daftar tahap 2 blk di pasar rebo, bahasa inggris pula. Kira kira wawancara bahasa inggrisnya itu sulut banget ngga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang ko, gimana udah selesai tes nya?

      Hapus
    2. mas tanya dong tes tulis ppkn nya ada pasal2 ga? dan ttg dki contohnya apa? sama itu wawancara kita ngenalin diri doang atau ada sesi tanya jawab?
      tolong pencerahannya soalnya saya bntar lg seleksi

      Hapus
  10. mas boleh bagi kontak mas nya no telpon atau line dll boleh mau nanya2

    BalasHapus
  11. Mas bagi kontak line atau no tlp dong saya mau tanya2

    BalasHapus
  12. mas bro,,mau nanya,,sy kan sdh daftar lsg neh,,kebetulan di jaktim,nah sy itu ambil jurusan desain grafis,tp sy nggak ada basic di stu,ijaxah sy ekonomi,cm pengen ngembangin desain grafis,biar mudah nyari kerja,,hehehe,,itu tesnya kira2 gmn...?
    trus nungguin info tes nya di mulai kapan itu apakah kita di hub dr pihak ppkd melalui email/tlp atau gmn neh..
    oh iya itu pelatihan brp lama ya mas..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas bro baru bales...

      gak masalah sih bebas mau jurusan apa aja, malah kalo sesuai jurusan mah mending gak usah ambil pelatihan. Kan ambil pelatihan biar ada keahlian lain toh. Pas angkatan saya ada lulusan Hubungan Internasional yang ikut tata boga ko

      Hapus
  13. mas bro,,mau nanya,,sy kan sdh daftar lsg neh,,kebetulan di jaktim,nah sy itu ambil jurusan desain grafis,tp sy nggak ada basic di stu,ijaxah sy ekonomi,cm pengen ngembangin desain grafis,biar mudah nyari kerja,,hehehe,,itu tesnya kira2 gmn...?
    trus nungguin info tes nya di mulai kapan itu apakah kita di hub dr pihak ppkd melalui email/tlp atau gmn neh..
    oh iya itu pelatihan brp lama ya mas..thx

    BalasHapus
  14. mas saya mau tanya klo tes tertulis'a itu kaya gimana ya ..soal'a saya ngambil'a jurusan teknik sepeda motor dan saya gak begitu guasain...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo emang belum nguasain malah bagus mah asal tau dasarnya aja. kalo udah jago gak usah pelatihan lagi kan mas hehe. Maaf ya baru bales

      Hapus
  15. respon mas supaya saya ada referensi gty hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya mas, kalo dekat PPKD mending langsung kesana mas.

      Hapus
  16. Maaf ka untuk tes tertulis pas kaka ada berapa soal yah, soalnya saya daftar operator komputer seleksi besok senin tanggal 12

    BalasHapus
  17. Maaf ka untuk tes tertulis pas kaka ada berapa soal yah, soalnya saya daftar operator komputer seleksi besok senin tanggal 12

    BalasHapus
  18. Kak, sekarang kan saya mau UN SMA nih, kalo daftar sekarang bisa gak?
    Atau nunggu ijazah SMA keluar dulu baru daftar?
    Mohon bantuannya kak, terimakasih

    BalasHapus
  19. Mas, mau nanya kan situ lulus ya tesnya, trs setelah lulus pelatihan disalurin ke pt apa?
    Ada kemungkinan buat kerja di luar negri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo penyaluran kerja tergantung lowonganya mas, kalo ke luar negeri PPKD belum ada. mungkin lebih baik ikut program ke jepang.

      Hapus
    2. Memang ada ka program ke jepang? Saya mau ambil bahasa jepang cuman msh ragu2 gitu takut nggak ada lowongannya

      Hapus
  20. mas fauzan maaf ya slow respon, ya intinya sih dilihat dari kemauan nya kalo dari pengalamanku, santai aja gak usah tegang.

    BalasHapus
  21. Mas saya ngambil jurusan autocad kira² soal nya susah ngga yaa? Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relatif sih mbak, asal tau dasarnya bakal gampang aja. AutoCAD bisa dipelajari otodidak juga ko

      Hapus
  22. Kak saya ikut ppkd untuk juruan teknologi mekanik, kira kira contoh soalnya bagaimana ya kak dan waktu untuk seleksinya berapa lama? Saya pernah baca soal test kurang lebih 75 soal terdiri dari 25 matematika dan 50 verbal. Apa benar seperti itu atau tiap wilayah beda2 kak? Terimakasih

    BalasHapus
  23. Kak saya ikut ppkd untuk juruan teknologi mekanik, kira kira contoh soalnya bagaimana ya kak dan waktu untuk seleksinya berapa lama? Saya pernah baca soal test kurang lebih 75 soal terdiri dari 25 matematika dan 50 verbal. Apa benar seperti itu atau tiap wilayah beda2 kak? Terimakasih

    BalasHapus
  24. Kak.. Yg berkacamata bisa lolos ga??

    BalasHapus
  25. Kak pelatihan di ppkd berapa lama? Dan kalo udh lulus ditempatkan bekerja ngga?

    BalasHapus
  26. Kak kalau tes wawancara nya bisa campur gaa bahasa nya, bahasa indonesia dan inggris

    BalasHapus
  27. Casinos Near Casinos Near Me - Mapyro
    Find the best casinos near you in San Diego, CA, 통영 출장샵 offering business 양주 출장마사지 hours, Casinos Near Me - Casino 세종특별자치 출장샵 Finder 경산 출장안마 - Find your closest casinos 여수 출장마사지 on Mapyro.

    BalasHapus
  28. Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan Di Ppkd Jakarta Barat >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan Di Ppkd Jakarta Barat >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Pelatihan Di Ppkd Jakarta Barat >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK eM

    BalasHapus
  29. kalo ikut pelatihan itu dapet uang saku ga ya?

    BalasHapus
  30. Kak interview dan tes tulisnya susah gak dan apa aja yah kak pertanyaannya?pengen luluss

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Rekrutmen Kerja Part 1 CV KHS QUICK TRACKTOR

Perhitungan Elemen Mesin Part 1 - Sabuk dan Puli

Tidak Bisa Edit Text dengan Double Klik di AutoCAD