7 Peran BPPT

 Sudah lama gak isi blog ini, berhubung saat ini gue sedang mengikuti seleksi CPNS tahun formasi 2019 untuk instansi BPPT maka gue ingin membagikan 7 Peran BPPT. Sekaligus untuk belajar gue juga sih wkwk (muka datar dengan senyum). Semoga gue keterima di BPPT tahun ini aamiin. Dari hari ini seminggu lagi gue akan menjalani SKB alias seleksi kompetensi bidang, setelah sekian lama gue menunggu ditunda karena pandemi covid-19 melanda. So, ini dia 7 peran BPPT :

1. Perekayasaan

Kegiatan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk desain atau rancang bangun untuk menghasilkan nilai, produk dan/atau proses produksi yang lebih baik dan/atau efisien dengan mempertimbangkan keterpacuan sudut pandang dari/atau konteks teknis, fungsional, bisnis, sosiai, budaya, lingkungan hidup, dan estetika.


2. Kliring Teknologi

Proses penyaringan kelayakan atas suatu teknologi melalui kegiatan pengkajian untuk menilai atau mengetahui dampak dari penerapannya pada suatu kondisi tertentu.

3. Audit Teknologi

Proses yang sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif terhadap aset teknologi dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian teknologi dengan kriteria dan/atau standar yang telah ditetapkan serta penyampaian hasil kepada pengguna yang bersangkutan.

4. Alih Teknologi

Pengalihan kemampuan memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi antar lembaga, badan atau orang, baik yang berada dalam lingkungan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya.

5. Intermediasi Teknologi

Merupakan upaya untuk menjembatani proses terjadinya Invensi dan Inovasi antara penghasil dan calon pengguna teknologi.

6. Difusi Ilmu Pengetahuan Teknologi

Upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan efektivitas adopsi ilmu pengetahuan dan teknologi.

7. Komersialisasi Teknologi

Sinergi  pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengembangan inkubasi teknologi, kemitraan industri, dan/atau pengembangan kawasan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kesiapan dan keunggulan daerah

sumber :https://www.bppt.go.id/profil/tugas-dan-fungsi/peran

Yak berikut adalah ketujuh peran BPPT dalam pengembangan teknologi di Indonesia. Dilihat dari ketujuh peran tersebut BPPT berperan dari mulai riset terapan, desain awal dari sebuah teknologi, lalu proses implementasi sebuah teknologi baru ke dunia industri, sampai dengan peningkatan efektivitas sebuah teknologi baru tersebut dan mengembangkan teknologi baru sampai menjadi hal yang bisa dijual dan bermanfaat. Semoga Indonesia semakin jaya, karena kunci sebuah negara untuk maju dan sejahtera adalah penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta jangan lupa IMTAQ nya alias Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga gue juga bisa menjadi bagian dari BPPT tahun ini aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Rekrutmen Kerja Part 1 CV KHS QUICK TRACKTOR

Tidak Bisa Edit Text dengan Double Klik di AutoCAD

Perhitungan Elemen Mesin Part 1 - Sabuk dan Puli